Peran Media Sosial Terhadap Dunia Politik

Media sosial adalah sebuah media yang dapat digunakan untuk bersosialisasi oleh para penggunanya menggunakan jaringan internet atau secara online. Media sosial yang paling sering digunakan adalah Facebook, Twitter, dan Instagram. Selain untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman, media sosial juga memberikan banyak manfaat lain bagi para penggunanya. Beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari media sosial antara lain, berkomunikasi dengan teman, mengetahui bagaimana kabar dari teman, berkenalan dengan teman baru, dan mengetahui informasi terbaru dari berbagai bidang seperti selebriti, olahraga, ekonomi, parawisata, hingga politik. Dengan adanya media sosial kita bisa mendapatkan banyak informasi mengenai perkembangan politik yang terjadi baik di Indonesia maupun mancanegara.

Ada banyak sekali peran media sosial dalam perkembangan dunia politik. Kita bisa mengetahui dengan mudah apa yang sedang terjadi dalam politik negara kita saat ini. Kita bisa mendapatkan banyak informasi politik dari Facebook, Twitter, Instagram, Blog, Youtube, dan jejaring sosial lainnya. Sebagai contoh adalah ketika ditemukan seorang pejabat atau anggota partai politik yang melakukan korupsi. Melalui media sosial kita dapat mengetahui informasi tersebut dengan cepat. Informasi tersebut bisa dengan mudah dan cepat menyebar di berbagai jejaring sosial. Kemudian saat seorang pejabat telah meresmikan sebuah bangunan atau jalan baru di suatu daerah yang jaraknya jauh dari kita, dengan mudah kita dapat mengetahuinya melalui media sosial.

Peran Media Sosial Terhadap Dunia Politik

Dengan begitu, kita bisa mengetahui bahwa pembangunan di negara kita sedang berjalan dengan baik atau tidak. Selain itu, kita juga dapat mengetahui bagaimana kinerja dari para pejabat dalam mengelola negara ini melalui media sosial. Sehingga, saat akan diadakan pemilihan umum, kita bisa mengetahui bagaimana rekam jejak dari para calon wakil rakyat dan calon pemimpin dari tingkat daerah kabupaten / kota, provinsi, hingga tingkat pusat. Artinya, para calon pejabat tersebut juga bisa menggunakan media sosial sebagai tempat untuk melakukan kampanye. Apalagi, para pengguna media sosial saat ini sudah semakin banyak dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga lansia baik dari kawasan desa maupun kota. Dengan menunjukkan kinerja mereka di media sosial, para pejabat bisa dengan mudah menarik hati masyarakat. Namun, saat mereka melakukan kesalahan baik yang kecil hingga yang besar seperti korupsi, maka masyarakat juga akan dengan mudah mengetahuinya. Media sosial juga bisa digunakan sebagai media menyampaikan aspirasi rakyat dengan efektif. Dengan menyuarakan aspirasi melalui berbagai jejaring sosial yang ada, para pejabat akan membacanya sehingga aspirasi kita lebih cepat untuk sampai ke pemerintah. Sehingga, para pejabat juga akan lebih mudah untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh rakyatnya. Cukup besar peran media sosial bagi dunia politik saat ini. Untuk itu rakyat dan pemerintah harus lebih bijak dalam memanfaatkannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *